Setelah melakukan presentasi dan Tanya jawab selama 3 jam dan mendapat masukan dari pimpinan UI lainnya, Rektor UI Prof.dr. Usman Chatib Warsa, Sp.MK., Ph.D, Kamis siang (10/03) akhirnya memutuskan memilih Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Periode 2005 – 2009, menyisihkan dua calon lainnya yaitu Rhenald Kasali dan Dr. Siddharta Utama, CFA.

Dalam presentasinya, Bambang menekankan ingin mengembalikan “ikon” FEUI yang pernah berperan aktif dan memberi warna dalam percaturan perkembangan perekonomian Indonesia. Dia mengemukakan satu tema yang akan digarap oleh Fakultas Ekonomi yaitu mengenai mengentaskan kemiskinan. Bambang juga berkomitmen penuh untuk mencurahkan seluruh tenaga dan pikirannya bagi pengembangan Fakultas Ekonomi. Walaupun baru berkiprah di Fakultas selama 7 tahun , prestasinya antara lain turut merintis program Pascasarjana dan mengembangkannya menjadi double degree dengan Australian National University serta dengan salah satu universitas di Belanda.

Dilahirkan di Jakarta 3 Oktober 1966 anak bungsu dari 3 bersaudara keluarga (alm) Prof.Dr.Ir. Soemantri Brodjonegoro (mantan Rektor UI 1964-1973), menyelesaikan studi di FEUI Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (1990), kemudian meraih gelar Master of Urban Planing (1995) dan Ph.D in Regional Planning (1997) dari University of Illinois at Urbana Champaign, USA. Menikah dengan Irina Justina Zega dan dikaruniai anak bernama Daniswara Brodjonegoro. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Ilmu ekonomi, Selain mengajar juga aktif meneliti. Kegiatan di luar kampus sebagai konsultan independen PLN.

Dengan terpilihnya Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, maka hingga saat ini dialah satu-satunya Dekan di UI yang usianya di bawah 40 tahun.