Adalah alumni yang pernah menjabat sebagai Menteri Negara BUMN dan Penanaman Modal tahun 2000 & Kepala Badan Kependudukan Nasional 2000/2001, kini aktif sebagai Anggota PANWASLU (Panitia Pengawasan Pemilu) Pusat dan sebagai Ketua PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama).

Menamatkan FEUI jurusan Studi Pembangunan tahun 1973, ia bergabung di Lembaga Demografi FEUI dan menjadi staf pengajar. Semasa mahasiswa ia aktif berdemonstrasi menurunkan Orde Lama bersama Zamroni, Fahmi Idris, Eddy Aulia Fatah dan lainnya. Tahun 1975 hingga 1978 ia meneruskan studinya ke University of Hawaii, meraih gelar Master of Science bidang International Health and Demography lalu masuk Doctoral Program di Universitas yang sama, namun alasan dependency burden, ia tidak menyelesaikan Doktornya.

Berbagai karir dalam birokrasi antara lain pernah menjadi Wakil Direktur Lembaga Demografi FEUI, Kepala Pusat Penelitian Pranata Pembangunan UI, Staf Ahli Menteri Tenaga Kerja, Sekretaris Menteri BUMN dan BKPM, Menteri BUMN dan BKPM, Kepala Badan Kependudukan Nasional, hingga kini masih mengabdikan dirinya sebagai pengajar FEUI dan pengajar S2 IImu Studi Lingkungan di UI. Tambahan tugas baru adalah sebagai Anggota Pengawas Pemilu Pusat (2003 – 2004) dan berbagai pengalaman organisasi hingga sekarang diantaranya sebagai Ketua PBNU dan Ketua Umum IPADI (Ikatan Peminat dan Ahli Demografi Indonesia). Rozy Munir sering menghadiri berbagai seminar baik di dalam maupun luar negeri serta menulis berbagai buku dan artikel dengan disiplin kependudukan dan pembangunan ekonomi.

Komentarnya terhadap FEUI: “Jelas lebih baik karena dari segi manajemen, pimpinannya lebih commited, terbuka dan mudah didekati oleh mahasiswa dan juga punya wawasan. Selain itu, juga sudah mulai berorientasi pada ekonomi kerakyatan bahkan ada kurikulum ekonomi syariah. Fasilitas juga lebih canggih yaitu ada website nilai on- line, perpustakaan tambah luas, masing-masing jurusan bahkan punya laboratorium komputasi, gedung banyak yang ber AC dan peralatan mengajar juga lebih banyak/ baik. Sering ada komunikasi antar civitas academika maupun ILUNI nya, namun masih terasa kurang dalam kohesivitasnya sering terasa sendiri-sendiri.”

H.M. Rozy Munir, S. E., MSc, lahir di Mojokerto, 16 April 1943, menikah dan telah dianugerahi 3 anak. Angkatan 1964 FEUI.